EXTRA JOSS
Extra Joss adalah produk minuman energi yang dipasarkan oleh
PT Bintang Toedjoe mulai sejak pada tanggal 25 November 1994. Sasarannya adalah
olahragawan, pelajar, dan pegawai yang ingin mempertahankan konsentrasi dalam
jangka waktu lama. Bentuknya bubuk dan dijual dalam sachet, dan mengandung
antara lain kafein dan ginseng mutu dengan pertama seluruh Indonesia dalam
kawasan seluruh Nasional letak dalam seluruh pertama Nusantara dalam meliputi
terbagi willayah seluruh 33 Provinsi dalam willayah daerah Jakarta-Bandung juga
selain termasuk Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi) dalam
willayah seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi selain termasuk
oleh DKI Jakarta-Jawa Barat hingga menjadi Jakarta-Surabaya termasuk dalam
memperingati sebagai pulau Jawa-Bali terhingga dimasuki oleh willayah DKI
Jakarta dan sekitarnya termasuk terdiri 5 Kotamadya seperti Jakarta Pusat,
Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara dan Jakarta Timur.
Pada tahun 2006 iklan televisi Extra Joss dibintangi oleh
pemain sepak bola Cristiano Ronaldo selain petinju Chris John yang sudah
selesai kontraknya. Sekarang sejak pada tahun 2008 grup band Ungu menjadi ikon
iklan produk minuman energi
Selain pemasaran di dalam negeri Indonesia, Extra Joss juga
telah melakukan penetrasi pasar di Singapura dan Hong Kong. Extra Joss
menguasai 80% pangsa pasar, mengungguli produk sejenis dari negara lain.
Extra Joss lahir pada 14 Agustus 1994. Kelahirannya dipicu
oleh pemikiran bahwa semakin hari semakin banyak orang yang membutuhkan minuman
energi / minuman kesehatan termasuk dari kalangan status ekonomi sosial (SES)
menengah ke bawah.
Masalahnya pada waktu itu harga jual produk minuman energi
yang ada belum terjangkau golongan ekonomi menengah ke bawah karena belum ada
pemain pasar yang membuat terobosan agar menjadi harga produk lebih terjangkau.
Mengingat kompetensi inti PT Bintang Toedjoe (B7) terletak
pada obat-obatan farmasi berbentuk serbuk dan dikemas di dalam sachet maka B7
bermaksud menyajikan minuman kesehatan serbuk dalam kemasan sachet pula. Dengan
begitu B7 mampu menekan biaya penjualan karena produk tidak memerlukan kemasan
botol dan transportasi menjadi lebih efisien.
Ide nama Extra Joss diperoleh karena mudah diingat,
sederhana, berkesan segar dengan dua huruf "s" ganda yang kuat dan
personality-nya cocok dengan produk sachet yang akan dikembangkan.
Kata "joss" berasal dari dialek pergaulan
masyarakat Surabaya yang dikenal suka bersuara lantang dan blak-blakan. Di sana
"joss" bermakna manjur atau oke. Tidak mengherankan bila B7 kemudian
memilih Jawa Timur sebagai lokasi peluncuran perdana produk Extra Joss,
khususnya di kota Surabaya dan Malang.
Soft launching produk Extra Joss dilakukan di Malang dan
Surabaya mulai bulan September 1994. Setelah dipastikan bahwa semua berada di
jalur yang benar baru dilakukan grand launching pada April 1995, dengan
distributor Wicaksana Overseas International (WOI).
Sumber :
Komentar
Posting Komentar